Jumat, 22 Januari 2016

Misteri Saksi-saksi Kematian Mirna (Tinjauan ulang)


                                                                                                 (foto, Sumber)


    Keterangan lengkap saksi-saksi telah dikantongi beserta bukti-bukti terkait kasusWayan Mirna Salihin yang tewas setelah menyesap es kopi Vietnam di Restoran Olivier, Grand Indonesia, Rabu 6 Januari. namun sudah dua minggu berlalu penyidik belum menetapkan tersangka pelaku pembunuhan tersebut, penyidik menjelaskan mereka tidak ingin gegabah hingga akhirnya berujung salah tangkap ataupun kekurangan bukti yang signifikan untuk menjerat pelaku.

   Saat ini perhatian publik yang besar terhadap kasus kematian mirna yang mirip cerita fiksi detektif membuat kinerja penyidik menjadi sorotan media massa tetapi yang paling menyita perhatian dan opini publik adalah saksi-saksi yang terlibat secara langsung di TKP cafe olivier. disini keterangan saksi-saksi baik itu langsung atau dari penyidik yang telah dipublikasikan oleh media massa akan coba di telaah kembali menurut pandangan penulis

pertama-tama. saksi primer yaitu manager staff dan pelayan cafe olivier, mereka adalah orang-orang pertama dan terakhir yang punya akses dan kontak langsung dengan kopi yang menewaskan mirna. juga mereka yang tahu ke meja mana kopi ini akan disajikan. sedangkan manager cafe bersaksi mencicipi kopi tidak lama setelah kejadian. mengaku mengalami kebas di lidah yang luar biasa.
kontroversi : keterangan kopi disajikan saat mirna tiba di meja pelanggan atau sebelum mirna tiba di meja pelanggan, diasumsikan ini tidak lagi menjadi polemik karena terdapat rekaman cctv serta keterangan saksi-saksi lain yang satu suara. 
dugaan motif : secara personal tidak ada... diluar ini perlu penelusuran lebih jauh

kedua saksi satelit, H, teman baik mirna satu kampus semasa di sydney yang datang bersamanya ke cafe olivier.
kontroversi : keterangan ia sempat atau tidak mencicipi kopi milik mirna saat sebelum mirna meregang nyawa, diasumsikan juga tidak lagi menjadi polemik karena penyidik telah memeriksa ulang kesaksian hani
dugaan motif : belum ada

ketiga saksi pivot, J teman mirna yang juga satu kampus semasa di sydney australia. bekerja di NSW ambulance sebuah rumah sakit di australia bagian desain produk. tiba di cafe sejam sebelum mirna dan hani tiba di tempat yang juga telah ia pesan sebelumnya.
kontroversi : keterangan membuang celana yang ia pakai di peristiwa tewasnya mirna, sampai saat ini penyidik belum menemukan celana tersebut
dugaan motif : berpotensi baik personal ataupun non personal

keempat saksi sekunder, kerabat dekat mirna. mereka tidak berada di TKP dan keterangan mereka tidak dipublikasikan ke media massa, secara kasat mata tampaknya tidak menimbulkan kontroversi atau motif apapun.

diantara keempat jenis saksi yang ditelaah diatas J adalah yang mendapat sorotan paling tajam, karena fakta-fakta yang ter ekspos terpusat mengelilingi dirinya, tapi apakah benar ia pelaku sesungguhnya, bagaimana jika fakta-fakta tersebut goyah dan bergeser disebabkan lemahnya pembuktian forensik hingga dinyatakan tidak valid lalu muncul lah spekulasi lain bahwasanya terpusat mengelilingi sesuatu yang lebih besar yaitu cafe olivier itu sendiri sebagai tempat bertemunya agen-agen intelijen tingkat internasional semacam KGB dll, yap bahkan buat holywood plot twisted semacam ini kelewat ambisius, tapi kemungkinan apapun bisa saja terjadi seperti salah sasaran dan lain seterusnya jika fakta-fakta tidak disertai keterangan ahli yang signifikan. oleh karena itu yang menjadi pertanyaan apakah penyidik mampu menempatkan fakta-fakta mentah tersebut pada frame yang semestinya? sesungguhnya?  sebenar-benarnya.

sumber referensi :

news.detik.com
tempo.co.id
nasional.republika.co.id
cnnindonesia.com









0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda